Proposal RKB MI
PROPOSAL
PERMOHONAN BANTUAN
RUANG KELAS BARU
![]() |
|||||
![]() |
|||||
![]() |
|||||
MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-ANWAR
SUKASIRNA CIAKAR CIBEUREUM
KOTA TASIKMALAYA
2014
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT., karena hanya dengan karunia-Nya penyusunan proposal
Bantuan Rehabilitasi bagi Kepala MIS Al-Anwar Ciakar Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya dapat terelesaikan.
Penyusunan proposal ini berdasarkan
hasil musyawarah dengan pihak-pihak yang terkait di lingkungan sekolah kami.
Untuk itu pada kesempatan ini kami haturkan terima kasih yang sedalam-dalamnya
kepada Yth. Ketua Komite Sekolah MIS Al-Anwar Ciakar Kecamatan Cibeureum Kota Taskmalaya,
Tokoh Masyarakat, Guru-guru dan semua pihak yang telah mencurahkan ide, gagasan
dan masukan hingga proposal ini tersusun.
Akhir kata, kami harapkan semoga isi
proposal sederhana ini dapat menjadi gambaran mengenai kondisi riil sekolah
kami, hingga pihak-pihak yang peduli terhadap kelangsungan terselenggaranya
pendidikan dapat terketuk hati untuk bersama-sama mewujudkan pembangunan
manusia menuju kearah peningkatan harkat dan martabat manusia.
Taskmalaya,
01 Juni 2014 .
Penyusun
Kepala
MIS Al-Anwar
Kecamatan Cibeureum
ASEP
MARPUDIN, S.PdI
NIP. 196906271993031003
PROPOSAL
PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU
Nama Sekolah /
Madrasah : MI AL-ANWAR
Status Sekolah /
Madrasah : Swasta
Alamat Sekolah / Madrasah : Jl. Sukasirna RT/RW: 05/07Kel. Ciakar Kec.
Cibeureum
Kota Tasikmalaya 46196
Kode Pos : 46196
Desa / Kelurahan : Ciakar
Kecamatan : Cibeureum
Kota : Tasikmalaya
Provinsi : Jawa Barat
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Dalam rangka meningkatkan Sumber
Daya Manusia yang berkualitas dan berprestasi serta berinovasi tentu tidak
mudah tanpa dukungan dari Pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat. Oleh
karena itu penunjang pendidikan yang berkaitan dengan Sarana Prasarana sangat
menunjang dalam proses kelangsungan kegiatan Belajar dan Mengajar di Sekolah.
Keberhasilan Pembangunan Nasional
ditentukan oleh kualitas Sumber Daya Manusia yang cerdas dan memiliki wawasan
yang luas, maka perlu peningkatan secara berkesinambungan antara ilmu
pengetahuan dan teknologi, maka Pemerintah Kota Tasikmalaya sebagai daerah otonomi berupaya untuk
membenahi dalam rangka menggali potensi daerah sebagai salah satu upaya
peningkatan PAD untuk membangun kota agar nampak lebih maju dan berkembang.
Seiring dengan tekad pemerintah khususnya
pemerintah Propinsi Jawa Barat untuk menjadikan Jawa Barat sebagai “ Propinsi
Termaju dan Mitra Terdepan “.
Untuk mencapai tujuan tersebut harus
di tunjang dana yang memadai serta mendapat prioritas dalam arti yang sangat
luas untuk peningkatan prestasi anak didik kita yang diawali oleh perbaikan
fasilitas pendidikan dilanjutkan perbaikan kualitas para pengajar yang
profesional sesuai dengan bidang dan keahliannya masing-masing.
B. Dasar
Hukum
- Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Tahun 2004 Nomor 125, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4437) : jo. Undang-undang Nomor 8 Tahun 2005 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah menjadi Undang-undang (Lembaran Negara No. 108, Tambahan Lembaran Negara No. 4493).
- Undang-undang nomor : 25 tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan antara Pusat dan Daerah;
- Undang-undang nomor: 10 tahun 2001 Tentang Pembentukan Kota Tasikmalaya;
- Undang-undang nomor : 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
- Peraturan Pemerintah Nomor : 28 tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar ;
- Peraturan Pemerintah Nomor : 25 tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Provinsi sebagai daerah Otonomi;
- Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 044/ U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah;
- DASK Kegiatan Peningkatan Prasarana dan Sarana Pendidikan Dasar RKB SLTP/MTS dan Rehabilitasi SD/MI Nomor : 910/Kep.43-Dalprog/2004 tanggal 2 Januari 2004;
C. Hasil yang
Diharapkan
Maksud dan tujuan Ruang Kelas Baru adalah dalam upaya
meningkatkan mutu sarana dan prasarana pendidikan di Kota Tasikmalaya sebagai
upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat agar dalam proses belajar mengajar
di Sekolah dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan dengan kerusakan
bangunan Sekolah, sehingga dapat diwujudkan Sekolah Sehat, Bersih, Rapi dan
nyaman.
Selanjutnya upaya dan langkah ini
bagian dari Program Pemerintah yang senantiasa mewujudkan pola pembangunan
swadaya yang dapat menampung tenaga kerja masyarakat sebagai bagian dari
Managemen Berbasis Sekolah. Komite Sekolah beserta jajarannya dan masyarakat
pada umumnya ikut berperan serta membangun dan merasa terpanggil sebagai
penopang Kepala Sekolah dan mitra dalam meningkatkan pendidikan.
Maka dengan demikian hasilnya
Insya’allah dapat dirasakan baik untuk murid, guru maupun orangtua dan
masyarakat disekitar sekolah. Selanjutnya saya atas nama Kepala Sekolah beserta
unsur Komite Sekolah dan Masyarakat mengharapkan bantuan tersebut dapat
direalisasikan sehingga kami dapat melaksanakan sesuai dengan rencana dan
program.
D. Visi, Misi dan Srategi Sekolah
Visi Sekolah
Melalui peningkatan keimanan dan
ketaqwaan diharapkan terwujud Madrasah Ibtidaiyah yang Islami dan Berprestasi,
berwawasan pada ilmu pengetauan dan teknologi serta berakhlakul karimah.
Misi Sekolah
1.
Meningkatkan Keimanan dan
Ketaqwaan kepada Allah SWT., jujur, adil dan mampu memberikan keteladanan;
2.
Mengoptimalkan efektifitas
pelaksanaan pendidikan;
3.
Meningkatkan profesionalisme
tenaga pendidikan;
4.
Mencetak anak didik yang memiliki
nilai-nilai keagamaan dan keilmuan;
Strategi
Sekolah
Dalam rangka pencapaian terhadap
visi dan misi, maka diperlukan strategi yang tepat. Pelaksanaan strategi itu,
dapat dijabarkan dari misi di atas. Untuk lebih jelasnya maka di uraikan
sebagai berikut :
- Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT., jujur, adil dan mampu memberikan ketauladanan;
- Melaksanakan pengkajian rutin mingguan untuk guru-guru dan siswa;
- Melaksanakan kegiatan keagamaan pada bulan Ramadhan;
- Memperingati Hari-hari Besar Islam;
- Shalat berjamaah Dzuhur;
- Melaksanakan Shalat Dhuha bersama;
- Mengoptimalkan efektifitas pelaksanaan pendidikan
- Pembuatan jadwal supervisi dan kunjungan kelas (Class Visit);
- Optimalisasi Pelaksanaan Program Kerja Madrasah;
- Memanfaatkan Sarana dan Prasarana yang tersedia;
- Meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan
- Mengimplementasikan Kurikulum Berbasis Kompetensi;
- Mengikuti KKM dan MGMP;
- Mengikuti diklat guru kelas, guru mata pelajaran dan supervisi pendidikan;
- Melaksanakan Studi Banding;
- Mencetak anak didik yang memiliki nilai-nilai keagamaan dan keilmuan
- Pendalaman Ilmu Agama melalui kegiatan intra kurikuler dan ekstra kurikuler;
- Mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar;
- Mengimplementasikan nilai-nilai keagamaan dan keilmuan dalam kehidupan sehari-hari
BAB
VI
PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat
sebenar-benarnya, semoga dengan terlaksananya Ruang Kelas Baru, upaya peningkatan mutu pendidikan dan pelayanan
yang optimal serta proses belajar mengajar di MIS Al-Anwar pada tahun pelajaran
yang akan datang dapat berjalan sesuai dengan kaidah yang ditentukan serta
meningkatkan nilai Kualifikasi Akreditasi.
LAMPIRAN
- Profil Madrasah Ibtidaiyah (MI) AL-ANWAR
- Surat Pernyataan Kesanggupan Mentaati Ketentuan / Persyaratan Pembangunan RKB
- Fhoto Tanah
- Piagam Madrasah
- Pedukung lainnya

MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-ANWAR
KECAMATAN CIBEUREUM
KOTA TASIKMALAYA
Jl. Sukasirna Rt. 05/07Kel. Ciakar Kec. Cibeureum Kota
Tasikmalaya 46196

PROFIL SEKOLAH
Nama Sekolah : MI AL-ANWAR
Alamat :
Jl. Sukasirna Kelurahan Ciakar
Kecamatan
Cibeureum Kota DI JAKARTA
1. Nama dan Alamat Yayasan :
Yayasan Pendidikan Islam AL-ANWAR
Kelurahan Ciakar Kecamatan Cibeureum
Kota Tasikmalaya
2. Status
Sekolah :
Terakreditasi B
3. Tahun
Didirikan :
1969
4. Tahun
Beroperasi :
1970
5. Status
Tanah :
Wakaf
6. Jumlah Siswa dalam 3 tahun
terkhir :
6.1.
Data Siswa
Tahun Ajaran
|
Jumlah Pendaftar
|
Kelas 1
|
Kelas 2
|
Kelas 3
|
Kelas 4
|
Kelas 5
|
kelas 6
|
Total
|
||||||
Jumlah
|
Jumlah
|
Jumlah
|
Jumlah
|
Jumlah
|
Jumlah
|
|||||||||
siswa
|
Rombel
|
siswa
|
Rombel
|
siswa
|
Rombel
|
siswa
|
Rombel
|
siswa
|
Rombel
|
siswa
|
Rombel
|
|
||
2011/2012
|
|
21
|
1
|
11
|
1
|
24
|
1
|
20
|
1
|
16
|
1
|
11
|
1
|
103
|
2012/2013
|
|
12
|
1
|
12
|
1
|
14
|
1
|
25
|
1
|
19
|
1
|
17
|
1
|
99
|
2013/2014
|
|
19
|
1
|
11
|
1
|
12
|
1
|
16
|
1
|
25
|
1
|
19
|
1
|
102
|
2014/2015
|
|
13
|
1
|
19
|
1
|
11
|
1
|
12
|
1
|
16
|
1
|
25
|
1
|
95
|
6.2. Data Ruang Kelas
a. Kelas I (1 ruang) : Ada
b. Kelas II :
Ada
c.
Kelas III :
Ada
d.
Kelas IV :
Ada
e.
Kelas V : Rusak Berat
f.
Kelas VI : Rusak Berat
g.
Ruang Kantor : ada
h. Ruang Guru :
Rusak
i.
Ruang Perpustakaan :
Rusak
j.
WC Guru : Rusak
k. WC Murid :
Rusak
6.3. Jumlah Rombongan Belajar
Kelas I : 1 Rombel
Kelas II : 1 Rombel
Kelas III : 1 Rombel
Kelas IV : 1 Rombel
Kelas V : 1 Rombel
Kelas VI : 1 Rombel
7. Guru
7.1. Jumlah Guru :
9 Orang
7.2. Guru Tetap Yayasan :7
Orang
7.3. Guru Tidak Tetap :
1 Orang
7.4. Guru PNS Depag :
1 Orang
7.5. Penjaga Sekolah :
- Orang
8. Alat Peraga Pendidikan : Belum Memiliki
9. Ruang Perpustakaan : Rusak Sedang
10. Mesjid : Rusak Sedang
11. Air Bersih : Kekurangan
12. Debet Air : Kurang
13. Dana Operasional dan Perawatan : Dana BOS
15. Fotocopy
Bukti Pemilikan
Tanah
dan Bangunan : Ada
Tasikmalaya, 01 Juni 2014
Ketua Komite Madrasah, Kepala Madrasah,
UYU NURSAMSI ASEP MARPUDIN, S.PdI
NIP.
196906271993031003

MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-ANWAR
KECAMATAN
CIBEUREUM KOTA TASIKMALAYA
Jl. Sukasirna Rt. 05/07Kel. Ciakar Kec. Cibeureum Kota Tasikmalaya
46196

KEPUTUSAN KEPALA
MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-ANWAR
Nomor : Mi.012/Kep.01/005/VI/2014
tentang
PENETAPAN PANITIA
PEMBANGUNAN MADRASAH
RUANG KELAS BARU
TAHUN 2014/2015
KEPALA MADRASAH
IBTIDAIYAH (MI) AL-ANWAR
Menimbang :
Mengingat :
|
|
MEMUTUSKAN
Menetapkan :
PERTAMA :
KEDUA
:
KETIGA :
|
Menetapkan Susunan Panitia
PembangunanMadrasah untuk pelaksanaan
Pembangunan Ruang
Kelas Baru Tahun 2014
sebagaimana tertuang dalam lampiran Surat Keputusan ini
Panitia sebagaimana butir
pertama di atas berfungsi sebagai pelaksana teknis dalam pelaksanaan pembangunan Ruang Kelas Baru.
Panitia Pembangunan
Sekolah/Madrasah untuk Pembangunan Ruang Kelas Baru
|
Ditetapkan di : DI TASIKMALAYA
Pada Tanggal : 01 Juni 2014
Kepala Madrasah,
ASEP MARPUDIN, S.PdI
NIP.
196906271993031003
Lampiran
Keputusan Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Anwar
Nomor :
Mi.012/Kep.01/005/VI/2014
Tanggal : 01 Juni 2014
Tentang : Penetapan Panitia Pembangunan
Madrasah Ruang Kelas Baru
Tahun 2014
SUSUNAN PERSONALIA
No
|
Nama
|
Jabatan dalam
P2M
|
Jabatan Rutin
|
1
|
Asep Marpudin, S.PdI
|
Penanggung Jawab / Ketua
|
Kepala Madrasah
|
2
|
Yana SH
|
Sekretaris
(merangkap sebagai anggota)
|
Wakil Dewan
Guru
|
3
|
Cucu Muhaemin
|
Bendahara
(Merangkap sebagai anggota)
|
Bendahara rutin Yayasan
|
4
|
Cecep Khoer Afandi
|
Administrasi Keuangan
(merangkap sebagai anggota)
|
Ketua Yayasan
|
5
|
Ujang Mastur
|
Penanggung Jawab Teknis
(Merangkap Sebagai anggota)
|
Wakil Wali murid atau Tokoh Masyarakat setempat
|
Kepala Madrasah,
ASEP MARPUDIN, S.PdI
NIP.
196906271993031003

MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-ANWAR
KECAMATAN
CIBEUREUM KOTA TASIKMALAYA
Jl. Sukasirna Rt. 05/07Kel. Ciakar Kec. Cibeureum Kota
Tasikmalaya 46196

Nomor :
003/MI.12/SKU-A/2014 Tasikmalaya,
01 Juni 2014
Lampiran : 1
(satu) berkas
Perihal : Permohonan
Dana Bantuan Kepada
;
Pembangunan Ruang kelas Baru
Ditjen pendidikan Islam,
Kementerian Agama RI
Cq.
Subdit sarana dan Prasarana
Jl. Lapangan Menteng Barat 3-4 Jakarta
di –
...........................................
Bersama ini kami sampaikan dengan hormat, bahwa
keadaan Sekolah kami membutuhkan bantuan sarana dan prasarana sekolah yang
memadai untuk mampu meningkatkan Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) bagi siswa,
terutama bangunan sekolah untuk Pembangunan Ruang Kelas Baru.
Sehubungan
dengan biaya swadaya masyarakat sangat minim dan terbatas, maka dengan ini kami
mengajukan permohonan bantuan dana Pembangunan
Ruang Kelas Baru sesuai Rencana Anggaran Biaya ( RAB sebesar Rp. 100.000.000 (seratus juta rupiah).
Dalam rangka meningkatkan kualitas sarana pendidikan,
mudah-mudahan akan memberikan kebanggaan dan motivasi bagi siswa, guru dan
komite sekolah untuk meningkatkan citra sekolah yang lebih positif.
Sebagai bahan pertimbangan Bapak,
kami lampirkan 1 (satu) berkas proposal.
Demikian harapan
kami, atas segala perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih.
Ketua Komite Sekolah Kepala MI AL-ANWAR
MI AL-ANWAR Kecamatan Cibeureum
UYU NURSAMSI ASEP MARPUDIN, S.PdI
NIP.
196906271993031003
DEPARTEMEN AGAMA
MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-ANWAR
KECAMATAN
CIBEUREUM KOTA TASIKMALAYA
Jl. Sukasirna Rt. 05/07Kel. Ciakar Kec. Cibeureum Kota
Tasikmalaya 46196
RENCANA REHABILITASI
MADRASAH IBTIDAIYAH AL ANWAR
SUKASIRNA KEL. CIAKAR KEC. CIBEUREUM KOTA DI
JAKARTA
Kondisi ruang belajar dan
ruang guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Anwar Sukasirna Ciakar Cibeureum Kota Tasikmalaya
perlu kiranya ada perhatian dari
berbagai pihak untuk direhabilitasi, supaya kondisi ruangan tersebut
betul-betul dapat dipergunakan sebagaimana mestinya (layak untuk dipakai)
1. Program
Program ini dimaksudkan untuk
merehabilitasi ruang belajar dan ruang guru Madrasah Ibtidaiyah yang tidak
layak dan tidak dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
2. Sasaran
Pembangunan
Sasaran pembangunan yang
direhabilitasi dimaksud untuk
a. Ruangan belajar
mengajar ( KBM ) sebanyak 2 (Dua) ruang kelas.
b. Ruang guru dan
perpustakaan sebanyak 2 (dua) ruang
3. Volume
Jumlah ruangan yang
direhabilitasi tersebut berjumlah 2 (lima) lokal dengan rincian sebagai
berikut :
Ruang Kegiatan Belajar
Mengajar (KBM) sebanyak 2 ruang dengan
volume 7 m2 X 7 m2 X 2 = 98 m2
4. Biaya
Anggaran yang diperlukan sebesar 98 m2 X Rp. 2.551.020,4= Rp. 250.000.000
terbilang : ( Dua Ratus Lima Puluh Juta Rupiah )
Demikian rencana rehabilitasi
Madrasah Ibtidaiyah Al Anwar Sukasirna Kel. Ciakar Kec.Cibeureum Kota Tasikmalaya,
mohon jadi maklum adanya.
Tasikmalaya, 01 Juni 2014
|
Kepala Madrasah
ASEP
MARPUDIN, S.PdI
NIP :
19690627119930310003
|
|
|
|
|
PROPOSAL
PERMOHONAN BANTUAN
RUANG KELAS BARU
![]() |
|||||
![]() |
|||||
![]() |
|||||
MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-ANWAR
SUKASIRNA CIAKAR CIBEUREUM
KOTA TASIKMALAYA
2014
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT., karena hanya dengan karunia-Nya penyusunan proposal
Bantuan Rehabilitasi bagi Kepala MIS Al-Anwar Ciakar Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya dapat terelesaikan.
Penyusunan proposal ini berdasarkan
hasil musyawarah dengan pihak-pihak yang terkait di lingkungan sekolah kami.
Untuk itu pada kesempatan ini kami haturkan terima kasih yang sedalam-dalamnya
kepada Yth. Ketua Komite Sekolah MIS Al-Anwar Ciakar Kecamatan Cibeureum Kota Taskmalaya,
Tokoh Masyarakat, Guru-guru dan semua pihak yang telah mencurahkan ide, gagasan
dan masukan hingga proposal ini tersusun.
Akhir kata, kami harapkan semoga isi
proposal sederhana ini dapat menjadi gambaran mengenai kondisi riil sekolah
kami, hingga pihak-pihak yang peduli terhadap kelangsungan terselenggaranya
pendidikan dapat terketuk hati untuk bersama-sama mewujudkan pembangunan
manusia menuju kearah peningkatan harkat dan martabat manusia.
Taskmalaya,
01 Juni 2014 .
Penyusun
Kepala
MIS Al-Anwar
Kecamatan Cibeureum
ASEP
MARPUDIN, S.PdI
NIP. 196906271993031003
PROPOSAL
PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU
Nama Sekolah /
Madrasah : MI AL-ANWAR
Status Sekolah /
Madrasah : Swasta
Alamat Sekolah / Madrasah : Jl. Sukasirna RT/RW: 05/07Kel. Ciakar Kec.
Cibeureum
Kota Tasikmalaya 46196
Kode Pos : 46196
Desa / Kelurahan : Ciakar
Kecamatan : Cibeureum
Kota : Tasikmalaya
Provinsi : Jawa Barat
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Dalam rangka meningkatkan Sumber
Daya Manusia yang berkualitas dan berprestasi serta berinovasi tentu tidak
mudah tanpa dukungan dari Pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat. Oleh
karena itu penunjang pendidikan yang berkaitan dengan Sarana Prasarana sangat
menunjang dalam proses kelangsungan kegiatan Belajar dan Mengajar di Sekolah.
Keberhasilan Pembangunan Nasional
ditentukan oleh kualitas Sumber Daya Manusia yang cerdas dan memiliki wawasan
yang luas, maka perlu peningkatan secara berkesinambungan antara ilmu
pengetahuan dan teknologi, maka Pemerintah Kota Tasikmalaya sebagai daerah otonomi berupaya untuk
membenahi dalam rangka menggali potensi daerah sebagai salah satu upaya
peningkatan PAD untuk membangun kota agar nampak lebih maju dan berkembang.
Seiring dengan tekad pemerintah khususnya
pemerintah Propinsi Jawa Barat untuk menjadikan Jawa Barat sebagai “ Propinsi
Termaju dan Mitra Terdepan “.
Untuk mencapai tujuan tersebut harus
di tunjang dana yang memadai serta mendapat prioritas dalam arti yang sangat
luas untuk peningkatan prestasi anak didik kita yang diawali oleh perbaikan
fasilitas pendidikan dilanjutkan perbaikan kualitas para pengajar yang
profesional sesuai dengan bidang dan keahliannya masing-masing.
B. Dasar
Hukum
- Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Tahun 2004 Nomor 125, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4437) : jo. Undang-undang Nomor 8 Tahun 2005 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah menjadi Undang-undang (Lembaran Negara No. 108, Tambahan Lembaran Negara No. 4493).
- Undang-undang nomor : 25 tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan antara Pusat dan Daerah;
- Undang-undang nomor: 10 tahun 2001 Tentang Pembentukan Kota Tasikmalaya;
- Undang-undang nomor : 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
- Peraturan Pemerintah Nomor : 28 tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar ;
- Peraturan Pemerintah Nomor : 25 tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Provinsi sebagai daerah Otonomi;
- Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 044/ U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah;
- DASK Kegiatan Peningkatan Prasarana dan Sarana Pendidikan Dasar RKB SLTP/MTS dan Rehabilitasi SD/MI Nomor : 910/Kep.43-Dalprog/2004 tanggal 2 Januari 2004;
C. Hasil yang
Diharapkan
Maksud dan tujuan Ruang Kelas Baru adalah dalam upaya
meningkatkan mutu sarana dan prasarana pendidikan di Kota Tasikmalaya sebagai
upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat agar dalam proses belajar mengajar
di Sekolah dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan dengan kerusakan
bangunan Sekolah, sehingga dapat diwujudkan Sekolah Sehat, Bersih, Rapi dan
nyaman.
Selanjutnya upaya dan langkah ini
bagian dari Program Pemerintah yang senantiasa mewujudkan pola pembangunan
swadaya yang dapat menampung tenaga kerja masyarakat sebagai bagian dari
Managemen Berbasis Sekolah. Komite Sekolah beserta jajarannya dan masyarakat
pada umumnya ikut berperan serta membangun dan merasa terpanggil sebagai
penopang Kepala Sekolah dan mitra dalam meningkatkan pendidikan.
Maka dengan demikian hasilnya
Insya’allah dapat dirasakan baik untuk murid, guru maupun orangtua dan
masyarakat disekitar sekolah. Selanjutnya saya atas nama Kepala Sekolah beserta
unsur Komite Sekolah dan Masyarakat mengharapkan bantuan tersebut dapat
direalisasikan sehingga kami dapat melaksanakan sesuai dengan rencana dan
program.
D. Visi, Misi dan Srategi Sekolah
Visi Sekolah
Melalui peningkatan keimanan dan
ketaqwaan diharapkan terwujud Madrasah Ibtidaiyah yang Islami dan Berprestasi,
berwawasan pada ilmu pengetauan dan teknologi serta berakhlakul karimah.
Misi Sekolah
1.
Meningkatkan Keimanan dan
Ketaqwaan kepada Allah SWT., jujur, adil dan mampu memberikan keteladanan;
2.
Mengoptimalkan efektifitas
pelaksanaan pendidikan;
3.
Meningkatkan profesionalisme
tenaga pendidikan;
4.
Mencetak anak didik yang memiliki
nilai-nilai keagamaan dan keilmuan;
Strategi
Sekolah
Dalam rangka pencapaian terhadap
visi dan misi, maka diperlukan strategi yang tepat. Pelaksanaan strategi itu,
dapat dijabarkan dari misi di atas. Untuk lebih jelasnya maka di uraikan
sebagai berikut :
- Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT., jujur, adil dan mampu memberikan ketauladanan;
- Melaksanakan pengkajian rutin mingguan untuk guru-guru dan siswa;
- Melaksanakan kegiatan keagamaan pada bulan Ramadhan;
- Memperingati Hari-hari Besar Islam;
- Shalat berjamaah Dzuhur;
- Melaksanakan Shalat Dhuha bersama;
- Mengoptimalkan efektifitas pelaksanaan pendidikan
- Pembuatan jadwal supervisi dan kunjungan kelas (Class Visit);
- Optimalisasi Pelaksanaan Program Kerja Madrasah;
- Memanfaatkan Sarana dan Prasarana yang tersedia;
- Meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan
- Mengimplementasikan Kurikulum Berbasis Kompetensi;
- Mengikuti KKM dan MGMP;
- Mengikuti diklat guru kelas, guru mata pelajaran dan supervisi pendidikan;
- Melaksanakan Studi Banding;
- Mencetak anak didik yang memiliki nilai-nilai keagamaan dan keilmuan
- Pendalaman Ilmu Agama melalui kegiatan intra kurikuler dan ekstra kurikuler;
- Mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar;
- Mengimplementasikan nilai-nilai keagamaan dan keilmuan dalam kehidupan sehari-hari
BAB
VI
PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat
sebenar-benarnya, semoga dengan terlaksananya Ruang Kelas Baru, upaya peningkatan mutu pendidikan dan pelayanan
yang optimal serta proses belajar mengajar di MIS Al-Anwar pada tahun pelajaran
yang akan datang dapat berjalan sesuai dengan kaidah yang ditentukan serta
meningkatkan nilai Kualifikasi Akreditasi.
LAMPIRAN
- Profil Madrasah Ibtidaiyah (MI) AL-ANWAR
- Surat Pernyataan Kesanggupan Mentaati Ketentuan / Persyaratan Pembangunan RKB
- Fhoto Tanah
- Piagam Madrasah
- Pedukung lainnya

MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-ANWAR
KECAMATAN CIBEUREUM
KOTA TASIKMALAYA
Jl. Sukasirna Rt. 05/07Kel. Ciakar Kec. Cibeureum Kota
Tasikmalaya 46196

PROFIL SEKOLAH
Nama Sekolah : MI AL-ANWAR
Alamat :
Jl. Sukasirna Kelurahan Ciakar
Kecamatan
Cibeureum Kota DI JAKARTA
1. Nama dan Alamat Yayasan :
Yayasan Pendidikan Islam AL-ANWAR
Kelurahan Ciakar Kecamatan Cibeureum
Kota Tasikmalaya
2. Status
Sekolah :
Terakreditasi B
3. Tahun
Didirikan :
1969
4. Tahun
Beroperasi :
1970
5. Status
Tanah :
Wakaf
6. Jumlah Siswa dalam 3 tahun
terkhir :
6.1.
Data Siswa
Tahun Ajaran
|
Jumlah Pendaftar
|
Kelas 1
|
Kelas 2
|
Kelas 3
|
Kelas 4
|
Kelas 5
|
kelas 6
|
Total
|
||||||
Jumlah
|
Jumlah
|
Jumlah
|
Jumlah
|
Jumlah
|
Jumlah
|
|||||||||
siswa
|
Rombel
|
siswa
|
Rombel
|
siswa
|
Rombel
|
siswa
|
Rombel
|
siswa
|
Rombel
|
siswa
|
Rombel
|
|
||
2011/2012
|
|
21
|
1
|
11
|
1
|
24
|
1
|
20
|
1
|
16
|
1
|
11
|
1
|
103
|
2012/2013
|
|
12
|
1
|
12
|
1
|
14
|
1
|
25
|
1
|
19
|
1
|
17
|
1
|
99
|
2013/2014
|
|
19
|
1
|
11
|
1
|
12
|
1
|
16
|
1
|
25
|
1
|
19
|
1
|
102
|
2014/2015
|
|
13
|
1
|
19
|
1
|
11
|
1
|
12
|
1
|
16
|
1
|
25
|
1
|
95
|
6.2. Data Ruang Kelas
a. Kelas I (1 ruang) : Ada
b. Kelas II :
Ada
c.
Kelas III :
Ada
d.
Kelas IV :
Ada
e.
Kelas V : Rusak Berat
f.
Kelas VI : Rusak Berat
g.
Ruang Kantor : ada
h. Ruang Guru :
Rusak
i.
Ruang Perpustakaan :
Rusak
j.
WC Guru : Rusak
k. WC Murid :
Rusak
6.3. Jumlah Rombongan Belajar
Kelas I : 1 Rombel
Kelas II : 1 Rombel
Kelas III : 1 Rombel
Kelas IV : 1 Rombel
Kelas V : 1 Rombel
Kelas VI : 1 Rombel
7. Guru
7.1. Jumlah Guru :
9 Orang
7.2. Guru Tetap Yayasan :7
Orang
7.3. Guru Tidak Tetap :
1 Orang
7.4. Guru PNS Depag :
1 Orang
7.5. Penjaga Sekolah :
- Orang
8. Alat Peraga Pendidikan : Belum Memiliki
9. Ruang Perpustakaan : Rusak Sedang
10. Mesjid : Rusak Sedang
11. Air Bersih : Kekurangan
12. Debet Air : Kurang
13. Dana Operasional dan Perawatan : Dana BOS
15. Fotocopy
Bukti Pemilikan
Tanah
dan Bangunan : Ada
Tasikmalaya, 01 Juni 2014
Ketua Komite Madrasah, Kepala Madrasah,
UYU NURSAMSI ASEP MARPUDIN, S.PdI
NIP.
196906271993031003

MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-ANWAR
KECAMATAN
CIBEUREUM KOTA TASIKMALAYA
Jl. Sukasirna Rt. 05/07Kel. Ciakar Kec. Cibeureum Kota Tasikmalaya
46196

KEPUTUSAN KEPALA
MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-ANWAR
Nomor : Mi.012/Kep.01/005/VI/2014
tentang
PENETAPAN PANITIA
PEMBANGUNAN MADRASAH
RUANG KELAS BARU
TAHUN 2014/2015
KEPALA MADRASAH
IBTIDAIYAH (MI) AL-ANWAR
Menimbang :
Mengingat :
|
|
MEMUTUSKAN
Menetapkan :
PERTAMA :
KEDUA
:
KETIGA :
|
Menetapkan Susunan Panitia
PembangunanMadrasah untuk pelaksanaan
Pembangunan Ruang
Kelas Baru Tahun 2014
sebagaimana tertuang dalam lampiran Surat Keputusan ini
Panitia sebagaimana butir
pertama di atas berfungsi sebagai pelaksana teknis dalam pelaksanaan pembangunan Ruang Kelas Baru.
Panitia Pembangunan
Sekolah/Madrasah untuk Pembangunan Ruang Kelas Baru
|
Ditetapkan di : DI TASIKMALAYA
Pada Tanggal : 01 Juni 2014
Kepala Madrasah,
ASEP MARPUDIN, S.PdI
NIP.
196906271993031003
Lampiran
Keputusan Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Anwar
Nomor :
Mi.012/Kep.01/005/VI/2014
Tanggal : 01 Juni 2014
Tentang : Penetapan Panitia Pembangunan
Madrasah Ruang Kelas Baru
Tahun 2014
SUSUNAN PERSONALIA
No
|
Nama
|
Jabatan dalam
P2M
|
Jabatan Rutin
|
1
|
Asep Marpudin, S.PdI
|
Penanggung Jawab / Ketua
|
Kepala Madrasah
|
2
|
Yana SH
|
Sekretaris
(merangkap sebagai anggota)
|
Wakil Dewan
Guru
|
3
|
Cucu Muhaemin
|
Bendahara
(Merangkap sebagai anggota)
|
Bendahara rutin Yayasan
|
4
|
Cecep Khoer Afandi
|
Administrasi Keuangan
(merangkap sebagai anggota)
|
Ketua Yayasan
|
5
|
Ujang Mastur
|
Penanggung Jawab Teknis
(Merangkap Sebagai anggota)
|
Wakil Wali murid atau Tokoh Masyarakat setempat
|
Kepala Madrasah,
ASEP MARPUDIN, S.PdI
NIP.
196906271993031003

MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-ANWAR
KECAMATAN
CIBEUREUM KOTA TASIKMALAYA
Jl. Sukasirna Rt. 05/07Kel. Ciakar Kec. Cibeureum Kota
Tasikmalaya 46196

Nomor :
003/MI.12/SKU-A/2014 Tasikmalaya,
01 Juni 2014
Lampiran : 1
(satu) berkas
Perihal : Permohonan
Dana Bantuan Kepada
;
Pembangunan Ruang kelas Baru
Ditjen pendidikan Islam,
Kementerian Agama RI
Cq.
Subdit sarana dan Prasarana
Jl. Lapangan Menteng Barat 3-4 Jakarta
di –
...........................................
Bersama ini kami sampaikan dengan hormat, bahwa
keadaan Sekolah kami membutuhkan bantuan sarana dan prasarana sekolah yang
memadai untuk mampu meningkatkan Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) bagi siswa,
terutama bangunan sekolah untuk Pembangunan Ruang Kelas Baru.
Sehubungan
dengan biaya swadaya masyarakat sangat minim dan terbatas, maka dengan ini kami
mengajukan permohonan bantuan dana Pembangunan
Ruang Kelas Baru sesuai Rencana Anggaran Biaya ( RAB sebesar Rp. 100.000.000 (seratus juta rupiah).
Dalam rangka meningkatkan kualitas sarana pendidikan,
mudah-mudahan akan memberikan kebanggaan dan motivasi bagi siswa, guru dan
komite sekolah untuk meningkatkan citra sekolah yang lebih positif.
Sebagai bahan pertimbangan Bapak,
kami lampirkan 1 (satu) berkas proposal.
Demikian harapan
kami, atas segala perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih.
Ketua Komite Sekolah Kepala MI AL-ANWAR
MI AL-ANWAR Kecamatan Cibeureum
UYU NURSAMSI ASEP MARPUDIN, S.PdI
NIP.
196906271993031003
DEPARTEMEN AGAMA
MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-ANWAR
KECAMATAN
CIBEUREUM KOTA TASIKMALAYA
Jl. Sukasirna Rt. 05/07Kel. Ciakar Kec. Cibeureum Kota
Tasikmalaya 46196
RENCANA REHABILITASI
MADRASAH IBTIDAIYAH AL ANWAR
SUKASIRNA KEL. CIAKAR KEC. CIBEUREUM KOTA DI
JAKARTA
Kondisi ruang belajar dan
ruang guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Anwar Sukasirna Ciakar Cibeureum Kota Tasikmalaya
perlu kiranya ada perhatian dari
berbagai pihak untuk direhabilitasi, supaya kondisi ruangan tersebut
betul-betul dapat dipergunakan sebagaimana mestinya (layak untuk dipakai)
1. Program
Program ini dimaksudkan untuk
merehabilitasi ruang belajar dan ruang guru Madrasah Ibtidaiyah yang tidak
layak dan tidak dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
2. Sasaran
Pembangunan
Sasaran pembangunan yang
direhabilitasi dimaksud untuk
a. Ruangan belajar
mengajar ( KBM ) sebanyak 2 (Dua) ruang kelas.
b. Ruang guru dan
perpustakaan sebanyak 2 (dua) ruang
3. Volume
Jumlah ruangan yang
direhabilitasi tersebut berjumlah 2 (lima) lokal dengan rincian sebagai
berikut :
Ruang Kegiatan Belajar
Mengajar (KBM) sebanyak 2 ruang dengan
volume 7 m2 X 7 m2 X 2 = 98 m2
4. Biaya
Anggaran yang diperlukan sebesar 98 m2 X Rp. 2.551.020,4= Rp. 250.000.000
terbilang : ( Dua Ratus Lima Puluh Juta Rupiah )
Demikian rencana rehabilitasi
Madrasah Ibtidaiyah Al Anwar Sukasirna Kel. Ciakar Kec.Cibeureum Kota Tasikmalaya,
mohon jadi maklum adanya.
Tasikmalaya, 01 Juni 2014
|
Kepala Madrasah
ASEP
MARPUDIN, S.PdI
NIP :
19690627119930310003
|
|
|
|
|
RAB bisa diperjelaskah
ReplyDelete