Tips Mengajukan proposal APE
PROPOSAL
PERMOHONAN
DANA BANTUAN
ALAT
PERMAINAN EDUKATIF
TKA / TPA AS-SALAM
Diajukan oleh :
TKA / TPA AS-SALAM
KP.AS-SALAM RT.05 RW. 01 KELURAHAN CIAKAR KECAMATAN
CIBEURERUM
KOTA
TASIKMALAYA
LEMBAGA
PENDIDIKAN TKA/TPA
ASSALAM
Kp Assalam R.05 Rw.01 Kelurahan Ciakar
Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya 46196
Nomor : 01/TKA/IX/2014 Tasikmalaya, 3
September 2014
Lamp : 1 bendel proposal
Perihal : Permohonan
Dana Bantuan
Alat Permainan Edukatif
Kepada
:
Yth. Wali
Kota Tasikmalaya
Di
Tasikmalaya
Dengan hormat,
Dalam rangka ikut serta
berpartisipasi aktif dalam Pembangunan Nasional khususnya bidang pendidikan,
maka kami mengajukan Surat Permohonan Dana Bantuan Alat Permainan Edukatif TKA/TPA Assalam Kelurahan Ciakar kecamatan
Cibeureum Kota Tasikmalaya
Dana tersebut sangat kami harapkan
karena merupakan salah satu kebutuhan/elemen yang penting bagi kelancaran dan
peningkatan kualitas lembaga pendidikan yang kami selenggarakan. Sebagai bahan
pertimbangan berikut Lampirkan 1 exsemplar proposal.
Besar harapan kami akan terkabulnya
permohonan ini, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Kepala
Sekolah
Ketua Masjid Assalam TKA/TPA
Assalam
AJ.NANA SURYANA SITI JUERIYAH,S.Pd.I
Mengetahui
Ketua Rw.01
……………………….
|
Ketua Rt.05
……………………………
|
Camat
Cibeureum
…………………………..
|
Lurah Ciakar
…………………………..
|
LEMBAGA PENDIDIKAN TKA/TPA
ASSALAM
Kp Assalam R.05
Rw.01 Kelurahan Ciakar Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya 46196
LEMBAR
PENGESAHAN
Permohonan Bantuan Alat Permainan
Edukatif PAUD
Tahun 2014/2015
Nama Lembaga :
TKA / TPA Assalam
Nama Program :
Taman Kanak – kanak Al-Qur’an
Alamat :
Kp. Assalam Rt.05 Rw. 01 Kelurahan Ciakar Kecamatan Cibeureum
Kota Tasikmalaya
Ditujukan Kepada :
Wali Kota Tasikmalaya
Tahun Anggaran :
2014/2015
Menyetujui
Koordinator
kelurahan Ciakar
………………………..
|
Tasikmalaya, September 2014
Kepala TKA /TPA
Assalam
SITI JUERIYAH,S.Pd.I
|
PROPOSAL
DANA
BANTUAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF
TKA
/TPA ASSALAM
A.
Latar
Belakang
Taman
Kanak-kanak adalah salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik
beraTKAan kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus
dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan
spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan
komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui
oleh anak.
Taman
Kanak-kanak merupakan salah satu bentuk pendidikan anak usia dini jalur
pendidikan formal yang memberikan layanan pendidikan bagi anak usia 3-6 tahun.
Pendidikan ini untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, agar kelak
lebih siap memasuki pendidikan lebih lanjut.
Anak yang dirangsang pendidikannya sejak dini akan berbeda dengan anak yang
tidak tersentuh pendidikannya. Hasil Penelitian Baylor menyatakan bahwa
lingkungan memberi peran yang sangat besar dalam pembentukan sikap, kepribadian
dan pengembangan anak secara optimal. Anak yang tidak mendapat lingkungan yang
baik untuk merangsang pertumbuhan otaknya, misalnya jarang disentuh, jarang
diajak bermain, jarang diajak berkomunikasi, maka perkembangan otak akan lebih
kecil 20-30% dari ukuran normal seusianya (Diktentis, 2003:1).
Mengingat
pentingnya pendidikan anak usia dini dan besarnya jumlah anak usia dini yang
belum terlayani dalam pendidikan dan kesejahteraan, maka perlu dipandang perlu MeningkaTKAan
sarana dan prasarana TKA/TPA Assalam Ciakar Cibeureum Kota Tasikmalaya guna
merintis program model pendidikan Taman Kanak-kanak yang kreatif, inovatif dan
menyenangkan.
B.
Tujuan
Ada 2 tujuan
dalam pelaksanaan taman kanak-kanak ini yaitu tujuan secara umum dan tujuan
secara khusus.
Tujuan Umum
:
a.
Membantu
meletakkan dasar kearah perkembangan sikap, pengetahuan, dan daya cipta yang
diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dalam lingkungan,
pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya dengan cara belajar sambil bermain.
b.
Menyediakan
sarana belajar anak yang bersifat edukatif dan mengusahakan sendini mungkin
tumbuh kembang angka yang menyeluruh dan terpadu dalam aspek mental, fisik, dan
sosial.
Tujuan
Khusus :
a.
Memberikan kenyamanan orang tua, karena anak mereka
dalam pengasuhan yang tepat, aman, dan nyaman.
b.
Terpantaunya proses tumbuh kembang anak secara
intensif sesuai dengan tingkatan usia.
c.
Terpenuhinya kebutuhan masyarakat Kelurahan Ciakar
terutama kampong Assalam dan sekitarnya. Adanya Taman Kanak-kanak yang
terjangkau oleh masyarakat sehingga tercipta anak-anak yang cerdas dan
berkualitas.
C.
Peserta
Didik/Sasaran
Sasaran TKA/TPA
Asslam Ciakar Ciebureum Kota Tasikmalaya adalah anak usia 3 tahun sampai dengan
6 tahun yang masuk atau yang tertampung 30 anak yang terbagi menjadi 2 kelompok
:
- Kelompok A usia 4 tahun sampai dengan 5 tahun : 17 anak
- Kelompok B usia 5 tahun sampai dengan 6 tahun : 13 anak (daftar terlampir)
D.
Lokasi
Lokasi
pengembangan program Taman Kanak-kanak Kp Assalam adalah di Tanah Wakap Warga
Setempat yang beralamat di Kp. Assalam Rt. 05/01 kelurahan Ciakar Kecamatan Ciebureum
Kota Tasikmalaya. Adapun sarana dan prasarana yang telah
kami miliki belum cukup memadai.
E.
Jadwal
Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran
Program
kegiatan Taman Kanak-kanak Assalam dilaksanakan secara terjadwal dan teratur,
setiap anak mendapat pembelajaran 2.5 jam setiap minggu yaitu hari senin s.d sabtu dengan rincian
jadawalnya sebagai berikut :
No.
|
Waktu
|
Kegiatan
|
1
|
07.25-07.30
|
Baris berbaris
|
2
|
07.30-07.35
|
Pembukaan, salam & doa
|
3
|
07.35-08.00
|
Tanya jawab, olahraga pagi
|
4
|
08.00-09.00
|
Kegiatan inti KBM
|
5
|
09.00-09.30
|
Instirahat (cuci tangan, doa, makan dan bermain)
|
6
|
09.30-09.45
|
Ulasan kegiatan pembelajaran yang sudah
dilaksanakan dan Tanya jawab.
|
7
|
09.45-09.55
|
Menyanyi/ membaca/ mendengarkan cerita
|
8
|
09.55-10.00
|
Doa, salam penutup kemudian pulang
|
F.
Ketenagaan
Pelaksana Program adalah LPPTKA BKPRMI bekerjasama
dengan Kementerian Agama Kota Tasikmalaya. Sedangkan pihak-pihak yang terlibat
dalam pelaksanaan pengembangan model/rintisan program Taman Kanak-kanak ini
sebagai berikut :
1.
Tenaga Pendidik diutamakan yang
berpendidikan S1 atau D2 PGTKA dan memiliki ketrampilan khusus tentang taman
kanak-kanak, sehat jasmani dan rohani serta berkepribadian baik.
2.
Penyelenggara kegiatan belajar mengajar
kelompok belajar ini meliputi :
a. Tenaga
Pendidik, pengasuh kegiatan bermain dan belajar.
b. Pengendali
kegiatan administrator yang dirangkap oleh guru.
3.
Biodata tenaga pendidik (terlampir).
G.
Rencana
Anggaran Biaya (RAB)
Besarnya Dana Bantuan Alat Permainan
Edukatif TKA/TPA Assalam Ciakar adalah sebesar Rp. 29.250.000,- (Dua Puluh Sembilan Juta Dua Ratus Lima Puluh Ribu
Rupiah ). Rancangan Anggaran biaya terlampir
H.
Daya
Dukung
Daya dukung dalam kegiatan Taman Kanak-kanak
Desa Mertan adalah sebagai berikut :
1. Data
sarana dan prasarana (terlampir)
2. Lembaga/ Organisasi : LPPTKA BKPRMI Kota Tasikmalaya
I.
Tindak
Lanjut
Dengan terbentuknya Taman Kanak-kanak Assalam, maka
pemerintah melalui pemerintahan kelurahan ciakar dapat meningkaTKAan kualitas pelayanan
pendidikan dalam hal ini anak didik usia 3-6 tahun untuk persiapan masuk
Sekolah Dasar.
a.
Tindak lanjut yang dilaksanakan dalam
pengembangan model adalah sebagai berikut :
1.
Melaksanakan program pembelajaran sesuai
dengan jadwal yang telah dirancang.
2.
Mengevaluasi kegiatan yang sedang dan
telah berjalan.
3.
Melakukan revisi atau perbaikan program.
4.
Melaporkan hasil pertanggung jawaban
penyelenggara program kepada penyelenggara kelompok bermain.
5.
Melaporkan perkembangan pelaksanaan dan
hasil program secara adminstratif kepada Dinas Pendidikan kecamatan.
b.
Kebijakan dan strategi yang akan
dilaksanakan untuk menjamin keberlangsungan program yang sama dimasa yang akan
datang, sebagai berikut :
1. Sosialisasi
program kepada masyarakat atau orang tua yang dilakukan secara berkala dan
terus menerus.
2. Pemeliharaan
dan peningkatan sarana dan prasarana program secara continue dan bertahap.
3. Peningkatan
professional SDM pendukung program (terutama pendidik dan pengelola).
J.
Penutup
Demikian proposal ini
kami susun semoga bapak ibu berkenan membantu peningkatan pendidikan taman
kanak-kanak al-qur’an dan menjadikan amal kebaikan dunia maupun akhirat.
Kepala
Sekolah
Ketua Masjid Assalam TKA/TPA
Assalam
AJ.NANA SURYANA SITI JUERIYAH,S.Pd.I
Mengetahui
Ketua Rw.01
……………………….
|
Ketua Rt.05
……………………………
|
Camat
Cibeureum
…………………………..
|
Lurah Ciakar
…………………………..
|
LAMPIRAN :
Sebagai
bahan pertimbangan, berikut dilampirkan kelengkapan persyaratan yang ditentukan
anatara lain :
1.
Jadwal pelaksanaan kegiatan
2.
Peta lokasi tempat pengembangan program
3.
Rincian pembiayaan pengembangan program
(RAB)
4.
Sarana dan Prasarana
LEMBAGA
PENDIDIKAN TKA/TPA
ASSALAM
Kp
Assalam R.05 Rw.01 Kelurahan Ciakar Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya 46196
JADWAL
BELAJAR MENGAJAR PESERTA DIDIK
TAMAN
KANAK-KANAK ASSALAM
No.
|
Waktu
|
Kegiatan
|
1
|
07.25-07.30
|
Baris berbaris
|
2
|
07.30-07.35
|
Pembukaan, salam & doa
|
3
|
07.35-08.00
|
Tanya jawab, olahraga pagi
|
4
|
08.00-09.00
|
Kegiatan inti KBM
|
5
|
09.00-09.30
|
Instirahat (cuci tangan, doa, makan dan bermain)
|
6
|
09.30-09.45
|
Ulasan kegiatan pembelajaran yang sudah
dilaksanakan dan Tanya jawab.
|
7
|
09.45-09.55
|
Menyanyi/ membaca/ mendengarkan cerita
|
8
|
09.55-10.00
|
Doa, salam penutup kemudian pulang
|
PENGATURAN WAKTU KEGIATAN :
1.
Penataan Lingkungan : 5 menit
2.
Penyambutan Kedatangan Anak : 5 menit
3.
Pembukaan :
25 menit
4.
Kegiatan Inti di masing-masing sentra : 60 menit
5.
Istirahat :
30 menit
6.
Kegiatan II :
10 menit
7.
Kegiatan Penutup :
5 menit
Tasikmalaya,
September 2014
Kepala Sekolah
TKA/TPA Assalam
SITI
JUERIYAH S.Pd.I
Lampiran
DENAH
LOKASI
KOMPLEK
TAMAN KANAK-KANAK ASSALAM
KELURAHAN
CIAKAR KECAMATAN CIBEUREUM KOTA TASIKMALAYA
jl kh. khoer
apandi/ JL manonjaya
|
U
|
JALAN CIAKAR
|
JL. PASIR PARAYA
|
JL
ciherang a. padhil
|
JALAN PADATI
|
Pom
Benssin
|
kantor
lurah ciakar
|
TK.
ASSALAM
|
LEMBAGA
PENDIDIKAN TKA/TPA
ASSALAM
Kp
Assalam R.05 Rw.01 Kelurahan Ciakar Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya 46196
RENCANA ANGGARAN
BIAYA
Nama
Bantuan : Alat Permainan Edukatif
Jumlah
Dana : Rp. 29.250.000,-
Lokasi
Kegiatan : TKA /TPA Assalam
Ciakar Ciebreum Kota Tasikmalaya
No.
|
Jenis Bahan dan Barang
|
Jumlah
|
Harga Satuan
|
Jumlah Total
|
|||
I.
|
Alat Permainan Edukatif Dalam Ruangan
|
||||||
1
|
Goyangan
angsa
|
2
|
Rp.
|
175.000
|
Rp.
|
350.000
|
|
2
|
Loker
isi 20
|
1
|
Rp.
|
760.000
|
Rp.
|
760.000
|
|
3
|
Puzzle
panca indra
|
1
|
Rp.
|
36.000
|
Rp.
|
36.000
|
|
4
|
Puzzle
besar
|
1
|
Rp.
|
44.000
|
Rp.
|
44.000
|
|
5
|
Puzzle
pecahan panjang
|
1
|
Rp.
|
44.000
|
Rp.
|
44.000
|
|
6
|
Puzzle
pemandangan dan hewan
|
1
|
Rp.
|
36.000
|
Rp.
|
36.000
|
|
7
|
Papan
absen dan isi
|
1
|
Rp.
|
60.000
|
Rp.
|
60.000
|
|
8
|
Papan
planel dan isi
|
1
|
Rp.
|
60.000
|
Rp.
|
60.000
|
|
9
|
Pecahan
hitung
|
1
|
Rp.
|
66.000
|
Rp.
|
66.000
|
|
10
|
Alat
bengkel es
|
1
|
Rp.
|
36.000
|
Rp.
|
36.000
|
|
11
|
Buah
angka
|
1
|
Rp.
|
26.000
|
Rp.
|
26.000
|
|
12
|
Rambu-rambu
|
1
|
Rp.
|
55.000
|
Rp.
|
55.000
|
|
13
|
Gambang
|
1
|
Rp.
|
31.000
|
Rp.
|
31.000
|
|
14
|
Angklung
|
1
|
Rp.
|
145.000
|
Rp.
|
145.000
|
|
15
|
Basket
dan Ring
|
1
|
Rp.
|
51.000
|
Rp.
|
51.000
|
|
16
|
Kuda-kudaan
|
2
|
Rp.
|
150.000
|
Rp.
|
300.000
|
|
17
|
Almari
mainan
|
2
|
Rp.
|
1.250.000
|
Rp.
|
2.500.000
|
|
18
|
Aneka
kendaraan
|
1 set
|
Rp.
|
100.000
|
Rp.
|
100.000
|
|
19
|
Aneka
alat musik
|
1 set
|
Rp.
|
100.000
|
Rp.
|
100.000
|
|
TOTAL
|
Rp.
|
4.800.000
|
|||||
II.
|
Alat Permainan Luar Ruangan
|
||||||
1
|
Bola
dunia
|
1
|
Rp.
|
1.400.000
|
Rp.
|
1.400.000
|
|
2
|
Jengklitan
|
1
|
Rp.
|
1.000.000
|
Rp.
|
1.000.000
|
|
3
|
Titian
besi
|
1
|
Rp.
|
800.000
|
Rp.
|
800.000
|
|
|
TOTAL
Macam Ayunan Anak
Mangkok
Putar
Ayunan
bangku 65
Ayunan
bulat
Ayunan
bangku 80
Ayunan
rantai
Keranjang
bola
Komedi
putar
Bola
Dunia
Tangga
Majemuk
Jala
panjatan
Rumah
perosota 80 x80
TOTAL
|
I
I
I
I
I
I
I
I
I
I
I
|
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
|
1.700.000
1.600.000
2.100.000
1.800.000
1.600.000
650.000
2.200.000
2.000.000
1.500.000
1.600.000
4.500.000
|
Rp.
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
RP
|
3.200.000
1.700.000
1.600.000
2.100.000
1.800.000
1.600.000
650.000
2.200.000
2.000.000
1.500.000
1.600.000
4.500.000
21.250.000
|
|
JML.
TOTAL
|
Rp.
|
29.250.000
|
Tasikmalaya,
September 2014
Kepala
TKA/TPA Assalam
SITI
JUERIYAH.S.Pd.I
|
STRUKTUR
ORGANISASI
TAMAN KANAK-KANAK ASSALAM
Struktur
Organisasi TKA/TPA Assalam adalah sebagai berikut :
1)
Pelindung
: LPPTKA BKPRMI Kota
Tasikmalaya
2)
Penasehat
a. Lurah
Kelurahan Ciakar
b. Koordinator
TKA/TPA kelurahan Ciakar
c. Ketua
Masjid Assalam
3)
Kepala
Sekolah
a. Kepala
Sekolah : Siti Jueriyah.S.Pd.I
b. Guru
Kelas :
Yani Mardani
Ela Nurlaela
LEMBAGA
PENDIDIKAN TKA/TPA
ASSALAM
Kp Assalam R.05 Rw.01 Kelurahan Ciakar
Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya 46196
SARANA DAN PRASARANA
TAMAN KANAK-KANAK ASSALAM
1.
Gedung
a. Sifat : Permanen
b. Status
Kepemilikan : Wakaf
2.
Alat
Permainan Edukatif
a. Gambar
rumah adat : 2 buah
b. Bantalan
tinta cap : 4 buah
c. Menganyam : 4 buah
3. Papan Tulis : 2 buah
4. Almari :
1 buah
5. Puzzle buah : 4 buah
6. Puzzle pakaian :
4 buah
7. Puzzle hewan : 4 buah
8. Meja murid panjang : 2 buah
9. Meja murid pendek : 15 buah
10. Kursi anak : 25 buah
11. Bantalan+paku pencocok : 15 buah
12. Jam dinding : 1 buah
13. Kubus huruf & angka : 2 set
14. Meja guru : 1 buah
15. Kursi guru : 3 buah
16. Gunting kecil :
20 buah
PROPOSAL
PERMOHONAN
DANA BANTUAN
ALAT
PERMAINAN EDUKATIF
TKA / TPA AS-SALAM
Diajukan oleh :
TKA / TPA AS-SALAM
KP.AS-SALAM RT.05 RW. 01 KELURAHAN CIAKAR KECAMATAN
CIBEURERUM
KOTA
TASIKMALAYA
LEMBAGA
PENDIDIKAN TKA/TPA
ASSALAM
Kp Assalam R.05 Rw.01 Kelurahan Ciakar
Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya 46196
Nomor : 01/TKA/IX/2014 Tasikmalaya, 3
September 2014
Lamp : 1 bendel proposal
Perihal : Permohonan
Dana Bantuan
Alat Permainan Edukatif
Kepada
:
Yth. Wali
Kota Tasikmalaya
Di
Tasikmalaya
Dengan hormat,
Dalam rangka ikut serta
berpartisipasi aktif dalam Pembangunan Nasional khususnya bidang pendidikan,
maka kami mengajukan Surat Permohonan Dana Bantuan Alat Permainan Edukatif TKA/TPA Assalam Kelurahan Ciakar kecamatan
Cibeureum Kota Tasikmalaya
Dana tersebut sangat kami harapkan
karena merupakan salah satu kebutuhan/elemen yang penting bagi kelancaran dan
peningkatan kualitas lembaga pendidikan yang kami selenggarakan. Sebagai bahan
pertimbangan berikut Lampirkan 1 exsemplar proposal.
Besar harapan kami akan terkabulnya
permohonan ini, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Kepala
Sekolah
Ketua Masjid Assalam TKA/TPA
Assalam
AJ.NANA SURYANA SITI JUERIYAH,S.Pd.I
Mengetahui
Ketua Rw.01
……………………….
|
Ketua Rt.05
……………………………
|
Camat
Cibeureum
…………………………..
|
Lurah Ciakar
…………………………..
|
LEMBAGA PENDIDIKAN TKA/TPA
ASSALAM
Kp Assalam R.05
Rw.01 Kelurahan Ciakar Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya 46196
LEMBAR
PENGESAHAN
Permohonan Bantuan Alat Permainan
Edukatif PAUD
Tahun 2014/2015
Nama Lembaga :
TKA / TPA Assalam
Nama Program :
Taman Kanak – kanak Al-Qur’an
Alamat :
Kp. Assalam Rt.05 Rw. 01 Kelurahan Ciakar Kecamatan Cibeureum
Kota Tasikmalaya
Ditujukan Kepada :
Wali Kota Tasikmalaya
Tahun Anggaran :
2014/2015
Menyetujui
Koordinator
kelurahan Ciakar
………………………..
|
Tasikmalaya, September 2014
Kepala TKA /TPA
Assalam
SITI JUERIYAH,S.Pd.I
|
PROPOSAL
DANA
BANTUAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF
TKA
/TPA ASSALAM
A.
Latar
Belakang
Taman
Kanak-kanak adalah salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik
beraTKAan kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus
dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan
spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan
komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui
oleh anak.
Taman
Kanak-kanak merupakan salah satu bentuk pendidikan anak usia dini jalur
pendidikan formal yang memberikan layanan pendidikan bagi anak usia 3-6 tahun.
Pendidikan ini untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, agar kelak
lebih siap memasuki pendidikan lebih lanjut.
Anak yang dirangsang pendidikannya sejak dini akan berbeda dengan anak yang
tidak tersentuh pendidikannya. Hasil Penelitian Baylor menyatakan bahwa
lingkungan memberi peran yang sangat besar dalam pembentukan sikap, kepribadian
dan pengembangan anak secara optimal. Anak yang tidak mendapat lingkungan yang
baik untuk merangsang pertumbuhan otaknya, misalnya jarang disentuh, jarang
diajak bermain, jarang diajak berkomunikasi, maka perkembangan otak akan lebih
kecil 20-30% dari ukuran normal seusianya (Diktentis, 2003:1).
Mengingat
pentingnya pendidikan anak usia dini dan besarnya jumlah anak usia dini yang
belum terlayani dalam pendidikan dan kesejahteraan, maka perlu dipandang perlu MeningkaTKAan
sarana dan prasarana TKA/TPA Assalam Ciakar Cibeureum Kota Tasikmalaya guna
merintis program model pendidikan Taman Kanak-kanak yang kreatif, inovatif dan
menyenangkan.
B.
Tujuan
Ada 2 tujuan
dalam pelaksanaan taman kanak-kanak ini yaitu tujuan secara umum dan tujuan
secara khusus.
Tujuan Umum
:
a.
Membantu
meletakkan dasar kearah perkembangan sikap, pengetahuan, dan daya cipta yang
diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dalam lingkungan,
pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya dengan cara belajar sambil bermain.
b.
Menyediakan
sarana belajar anak yang bersifat edukatif dan mengusahakan sendini mungkin
tumbuh kembang angka yang menyeluruh dan terpadu dalam aspek mental, fisik, dan
sosial.
Tujuan
Khusus :
a.
Memberikan kenyamanan orang tua, karena anak mereka
dalam pengasuhan yang tepat, aman, dan nyaman.
b.
Terpantaunya proses tumbuh kembang anak secara
intensif sesuai dengan tingkatan usia.
c.
Terpenuhinya kebutuhan masyarakat Kelurahan Ciakar
terutama kampong Assalam dan sekitarnya. Adanya Taman Kanak-kanak yang
terjangkau oleh masyarakat sehingga tercipta anak-anak yang cerdas dan
berkualitas.
C.
Peserta
Didik/Sasaran
Sasaran TKA/TPA
Asslam Ciakar Ciebureum Kota Tasikmalaya adalah anak usia 3 tahun sampai dengan
6 tahun yang masuk atau yang tertampung 30 anak yang terbagi menjadi 2 kelompok
:
- Kelompok A usia 4 tahun sampai dengan 5 tahun : 17 anak
- Kelompok B usia 5 tahun sampai dengan 6 tahun : 13 anak (daftar terlampir)
D.
Lokasi
Lokasi
pengembangan program Taman Kanak-kanak Kp Assalam adalah di Tanah Wakap Warga
Setempat yang beralamat di Kp. Assalam Rt. 05/01 kelurahan Ciakar Kecamatan Ciebureum
Kota Tasikmalaya. Adapun sarana dan prasarana yang telah
kami miliki belum cukup memadai.
E.
Jadwal
Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran
Program
kegiatan Taman Kanak-kanak Assalam dilaksanakan secara terjadwal dan teratur,
setiap anak mendapat pembelajaran 2.5 jam setiap minggu yaitu hari senin s.d sabtu dengan rincian
jadawalnya sebagai berikut :
No.
|
Waktu
|
Kegiatan
|
1
|
07.25-07.30
|
Baris berbaris
|
2
|
07.30-07.35
|
Pembukaan, salam & doa
|
3
|
07.35-08.00
|
Tanya jawab, olahraga pagi
|
4
|
08.00-09.00
|
Kegiatan inti KBM
|
5
|
09.00-09.30
|
Instirahat (cuci tangan, doa, makan dan bermain)
|
6
|
09.30-09.45
|
Ulasan kegiatan pembelajaran yang sudah
dilaksanakan dan Tanya jawab.
|
7
|
09.45-09.55
|
Menyanyi/ membaca/ mendengarkan cerita
|
8
|
09.55-10.00
|
Doa, salam penutup kemudian pulang
|
F.
Ketenagaan
Pelaksana Program adalah LPPTKA BKPRMI bekerjasama
dengan Kementerian Agama Kota Tasikmalaya. Sedangkan pihak-pihak yang terlibat
dalam pelaksanaan pengembangan model/rintisan program Taman Kanak-kanak ini
sebagai berikut :
1.
Tenaga Pendidik diutamakan yang
berpendidikan S1 atau D2 PGTKA dan memiliki ketrampilan khusus tentang taman
kanak-kanak, sehat jasmani dan rohani serta berkepribadian baik.
2.
Penyelenggara kegiatan belajar mengajar
kelompok belajar ini meliputi :
a. Tenaga
Pendidik, pengasuh kegiatan bermain dan belajar.
b. Pengendali
kegiatan administrator yang dirangkap oleh guru.
3.
Biodata tenaga pendidik (terlampir).
G.
Rencana
Anggaran Biaya (RAB)
Besarnya Dana Bantuan Alat Permainan
Edukatif TKA/TPA Assalam Ciakar adalah sebesar Rp. 29.250.000,- (Dua Puluh Sembilan Juta Dua Ratus Lima Puluh Ribu
Rupiah ). Rancangan Anggaran biaya terlampir
H.
Daya
Dukung
Daya dukung dalam kegiatan Taman Kanak-kanak
Desa Mertan adalah sebagai berikut :
1. Data
sarana dan prasarana (terlampir)
2. Lembaga/ Organisasi : LPPTKA BKPRMI Kota Tasikmalaya
I.
Tindak
Lanjut
Dengan terbentuknya Taman Kanak-kanak Assalam, maka
pemerintah melalui pemerintahan kelurahan ciakar dapat meningkaTKAan kualitas pelayanan
pendidikan dalam hal ini anak didik usia 3-6 tahun untuk persiapan masuk
Sekolah Dasar.
a.
Tindak lanjut yang dilaksanakan dalam
pengembangan model adalah sebagai berikut :
1.
Melaksanakan program pembelajaran sesuai
dengan jadwal yang telah dirancang.
2.
Mengevaluasi kegiatan yang sedang dan
telah berjalan.
3.
Melakukan revisi atau perbaikan program.
4.
Melaporkan hasil pertanggung jawaban
penyelenggara program kepada penyelenggara kelompok bermain.
5.
Melaporkan perkembangan pelaksanaan dan
hasil program secara adminstratif kepada Dinas Pendidikan kecamatan.
b.
Kebijakan dan strategi yang akan
dilaksanakan untuk menjamin keberlangsungan program yang sama dimasa yang akan
datang, sebagai berikut :
1. Sosialisasi
program kepada masyarakat atau orang tua yang dilakukan secara berkala dan
terus menerus.
2. Pemeliharaan
dan peningkatan sarana dan prasarana program secara continue dan bertahap.
3. Peningkatan
professional SDM pendukung program (terutama pendidik dan pengelola).
J.
Penutup
Demikian proposal ini
kami susun semoga bapak ibu berkenan membantu peningkatan pendidikan taman
kanak-kanak al-qur’an dan menjadikan amal kebaikan dunia maupun akhirat.
Kepala
Sekolah
Ketua Masjid Assalam TKA/TPA
Assalam
AJ.NANA SURYANA SITI JUERIYAH,S.Pd.I
Mengetahui
Ketua Rw.01
……………………….
|
Ketua Rt.05
……………………………
|
Camat
Cibeureum
…………………………..
|
Lurah Ciakar
…………………………..
|
LAMPIRAN :
Sebagai
bahan pertimbangan, berikut dilampirkan kelengkapan persyaratan yang ditentukan
anatara lain :
1.
Jadwal pelaksanaan kegiatan
2.
Peta lokasi tempat pengembangan program
3.
Rincian pembiayaan pengembangan program
(RAB)
4.
Sarana dan Prasarana
LEMBAGA
PENDIDIKAN TKA/TPA
ASSALAM
Kp
Assalam R.05 Rw.01 Kelurahan Ciakar Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya 46196
JADWAL
BELAJAR MENGAJAR PESERTA DIDIK
TAMAN
KANAK-KANAK ASSALAM
No.
|
Waktu
|
Kegiatan
|
1
|
07.25-07.30
|
Baris berbaris
|
2
|
07.30-07.35
|
Pembukaan, salam & doa
|
3
|
07.35-08.00
|
Tanya jawab, olahraga pagi
|
4
|
08.00-09.00
|
Kegiatan inti KBM
|
5
|
09.00-09.30
|
Instirahat (cuci tangan, doa, makan dan bermain)
|
6
|
09.30-09.45
|
Ulasan kegiatan pembelajaran yang sudah
dilaksanakan dan Tanya jawab.
|
7
|
09.45-09.55
|
Menyanyi/ membaca/ mendengarkan cerita
|
8
|
09.55-10.00
|
Doa, salam penutup kemudian pulang
|
PENGATURAN WAKTU KEGIATAN :
1.
Penataan Lingkungan : 5 menit
2.
Penyambutan Kedatangan Anak : 5 menit
3.
Pembukaan :
25 menit
4.
Kegiatan Inti di masing-masing sentra : 60 menit
5.
Istirahat :
30 menit
6.
Kegiatan II :
10 menit
7.
Kegiatan Penutup :
5 menit
Tasikmalaya,
September 2014
Kepala Sekolah
TKA/TPA Assalam
SITI
JUERIYAH S.Pd.I
Lampiran
DENAH
LOKASI
KOMPLEK
TAMAN KANAK-KANAK ASSALAM
KELURAHAN
CIAKAR KECAMATAN CIBEUREUM KOTA TASIKMALAYA
jl kh. khoer
apandi/ JL manonjaya
|
U
|
JALAN CIAKAR
|
JL. PASIR PARAYA
|
JL
ciherang a. padhil
|
JALAN PADATI
|
Pom
Benssin
|
kantor
lurah ciakar
|
TK.
ASSALAM
|
LEMBAGA
PENDIDIKAN TKA/TPA
ASSALAM
Kp
Assalam R.05 Rw.01 Kelurahan Ciakar Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya 46196
RENCANA ANGGARAN
BIAYA
Nama
Bantuan : Alat Permainan Edukatif
Jumlah
Dana : Rp. 29.250.000,-
Lokasi
Kegiatan : TKA /TPA Assalam
Ciakar Ciebreum Kota Tasikmalaya
No.
|
Jenis Bahan dan Barang
|
Jumlah
|
Harga Satuan
|
Jumlah Total
|
|||
I.
|
Alat Permainan Edukatif Dalam Ruangan
|
||||||
1
|
Goyangan
angsa
|
2
|
Rp.
|
175.000
|
Rp.
|
350.000
|
|
2
|
Loker
isi 20
|
1
|
Rp.
|
760.000
|
Rp.
|
760.000
|
|
3
|
Puzzle
panca indra
|
1
|
Rp.
|
36.000
|
Rp.
|
36.000
|
|
4
|
Puzzle
besar
|
1
|
Rp.
|
44.000
|
Rp.
|
44.000
|
|
5
|
Puzzle
pecahan panjang
|
1
|
Rp.
|
44.000
|
Rp.
|
44.000
|
|
6
|
Puzzle
pemandangan dan hewan
|
1
|
Rp.
|
36.000
|
Rp.
|
36.000
|
|
7
|
Papan
absen dan isi
|
1
|
Rp.
|
60.000
|
Rp.
|
60.000
|
|
8
|
Papan
planel dan isi
|
1
|
Rp.
|
60.000
|
Rp.
|
60.000
|
|
9
|
Pecahan
hitung
|
1
|
Rp.
|
66.000
|
Rp.
|
66.000
|
|
10
|
Alat
bengkel es
|
1
|
Rp.
|
36.000
|
Rp.
|
36.000
|
|
11
|
Buah
angka
|
1
|
Rp.
|
26.000
|
Rp.
|
26.000
|
|
12
|
Rambu-rambu
|
1
|
Rp.
|
55.000
|
Rp.
|
55.000
|
|
13
|
Gambang
|
1
|
Rp.
|
31.000
|
Rp.
|
31.000
|
|
14
|
Angklung
|
1
|
Rp.
|
145.000
|
Rp.
|
145.000
|
|
15
|
Basket
dan Ring
|
1
|
Rp.
|
51.000
|
Rp.
|
51.000
|
|
16
|
Kuda-kudaan
|
2
|
Rp.
|
150.000
|
Rp.
|
300.000
|
|
17
|
Almari
mainan
|
2
|
Rp.
|
1.250.000
|
Rp.
|
2.500.000
|
|
18
|
Aneka
kendaraan
|
1 set
|
Rp.
|
100.000
|
Rp.
|
100.000
|
|
19
|
Aneka
alat musik
|
1 set
|
Rp.
|
100.000
|
Rp.
|
100.000
|
|
TOTAL
|
Rp.
|
4.800.000
|
|||||
II.
|
Alat Permainan Luar Ruangan
|
||||||
1
|
Bola
dunia
|
1
|
Rp.
|
1.400.000
|
Rp.
|
1.400.000
|
|
2
|
Jengklitan
|
1
|
Rp.
|
1.000.000
|
Rp.
|
1.000.000
|
|
3
|
Titian
besi
|
1
|
Rp.
|
800.000
|
Rp.
|
800.000
|
|
|
TOTAL
Macam Ayunan Anak
Mangkok
Putar
Ayunan
bangku 65
Ayunan
bulat
Ayunan
bangku 80
Ayunan
rantai
Keranjang
bola
Komedi
putar
Bola
Dunia
Tangga
Majemuk
Jala
panjatan
Rumah
perosota 80 x80
TOTAL
|
I
I
I
I
I
I
I
I
I
I
I
|
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
|
1.700.000
1.600.000
2.100.000
1.800.000
1.600.000
650.000
2.200.000
2.000.000
1.500.000
1.600.000
4.500.000
|
Rp.
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
RP
|
3.200.000
1.700.000
1.600.000
2.100.000
1.800.000
1.600.000
650.000
2.200.000
2.000.000
1.500.000
1.600.000
4.500.000
21.250.000
|
|
JML.
TOTAL
|
Rp.
|
29.250.000
|
Tasikmalaya,
September 2014
Kepala
TKA/TPA Assalam
SITI
JUERIYAH.S.Pd.I
|
STRUKTUR
ORGANISASI
TAMAN KANAK-KANAK ASSALAM
Struktur
Organisasi TKA/TPA Assalam adalah sebagai berikut :
1)
Pelindung
: LPPTKA BKPRMI Kota
Tasikmalaya
2)
Penasehat
a. Lurah
Kelurahan Ciakar
b. Koordinator
TKA/TPA kelurahan Ciakar
c. Ketua
Masjid Assalam
3)
Kepala
Sekolah
a. Kepala
Sekolah : Siti Jueriyah.S.Pd.I
b. Guru
Kelas :
Yani Mardani
Ela Nurlaela
LEMBAGA
PENDIDIKAN TKA/TPA
ASSALAM
Kp Assalam R.05 Rw.01 Kelurahan Ciakar
Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya 46196
SARANA DAN PRASARANA
TAMAN KANAK-KANAK ASSALAM
1.
Gedung
a. Sifat : Permanen
b. Status
Kepemilikan : Wakaf
2.
Alat
Permainan Edukatif
a. Gambar
rumah adat : 2 buah
b. Bantalan
tinta cap : 4 buah
c. Menganyam : 4 buah
3. Papan Tulis : 2 buah
4. Almari :
1 buah
5. Puzzle buah : 4 buah
6. Puzzle pakaian :
4 buah
7. Puzzle hewan : 4 buah
8. Meja murid panjang : 2 buah
9. Meja murid pendek : 15 buah
10. Kursi anak : 25 buah
11. Bantalan+paku pencocok : 15 buah
12. Jam dinding : 1 buah
13. Kubus huruf & angka : 2 set
14. Meja guru : 1 buah
15. Kursi guru : 3 buah
16. Gunting kecil :
20 buah
0 komentar:
Post a Comment